Ketika Bikers Bicara Empat Pilar Bangsa melalui Cerdas Cermat

Rencananya, pada 22 Februari 2020 akan digelar lomba Cerdas Cermat Bikers di Gedung MPR/DPR-RI, Jakarta, yang melibatkan sekitar 100 komunitas dan club bikers.

0
10

BICARA tentang Empat Pilar Kebangsaan Indonesia kiranya menjadi suatu bernilai sangat penting akhir-akhir ini. Di tengah perkembangan zaman, terlebih dampak dari era digitalisasi yang semakin tak terbendung.

Empat Pilar Kebangsaan Indonesia, yang terdiri dari Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika, diharapkan bisa dimaknai lebih mendalam serta diterapkan dalam kehidupan sehari-hari oleh masyarakat, khususnya generasi muda Indonesia.

Untuk merealisasikan sosialisai Empat Pilar Kebangsaan Indonesia itu, khususnya di kalangan generasi muda Indonesia, sejumlah pihak berupaya mewujudkannya. Di antaranya menyasar komunitas dan club motor.

“Indonesia memiliki lebih dari 17.000 pulau, tak kurang dari 1.100 suku bangsa, bahasa dan budaya. Mungkin perumpamaannya sama dengan bikers,” ucap Ketua MPR-RI serta Ketua Dewan Pembina Motor Besar Indonesia (MBI) Bambang Soesatyo.

Mengapa demikian? Bamsoet, biasa ia disapa, mengatakan bikers itu motornya bisa beda merek, kubikasi, dan tipe. Pengendaranya juga masing-masing beda karakter.

“Namun karena hobinya sama, maka jadi bersahabat. Artinya, tanpa pemersatu yang kuat, perbedaan justru jadi halangan, bukan potensi,” lanjutnya.

Digagas komunitas MBI, bekerja sama dengan Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR-RI) dan Gerakan Keadilan Bangun Solidaritas (Gerak BS), akan dihelat sebuah kegiatan. Kegiatan itu untuk semakin menyatukan anak bangsa, terutama dalam menyosialisasikan semangat Empat Pilar Kebangsaan.

Kegiatan itu sangat menarik, namun nyaris punah, yaitu lomba Cerdas Cermat. Sebuah kegiatan sangat mendidik, mengajak untuk menambah dan mengasah pengetahuan. Pemahaman dan pengetahuan itu akan diuji melalui lomba yang terbagi dalam grup, dimana umumnya setiap grup berisi tiga peserta.

Dalam waktu dekat ini, yaitu pada 22 Februari 2020 akan digelar lomba Cerdas Cermat Bikers di kawasan ‘Rumah Rakyat’, Gedung MPR/DPR-RI, Senayan, Jakarta Pusat. Rencananya melibatkan sekitar 100 komunitas maupun club bikers pengguna motor berkubikasi mesin besar ataupun kecil dari seluruh Indonesia.

Motor Harley-Davidson
Lomba Cerdas Cermat akan dilakukan 22 Februari. Pemenangnya diumumkan pada puncak acara Empat Pilar Kebangsaan MPR-RI dan MBI pada 23 Februari,” ujar dia.

Sementara ini, sudah 85 club dan komunitas motor besar dan kecil yang mendaftar. “Sepertinya, pendaftaran sementara kami batasi 100 grup dulu,” papar Ketua Umum MBI Satrio Nur Rachmanto, yang akrab dipanggil Rio Castello, saat jumpa pers di Mamayu Kitchen, Jakarta Selatan.

Rio sebagai pembicara didampingi Bamsoet, Niko Marcellino (Ketua Panitia Empat Pilar MPR-RI Bikers Indonesia), Eko Cahyono (Penanggungjawab Cerdas Cermat Bikers/Wakil Ketua Panitia Empat Pilar MPR-RI Bikers Indonesia), Komjen Pol (Pur) Nanan Sukarna (Ketua Umum Harley Davidson Club Indonesia/Penasehat Ketua MPR-RI), Tito Sulistio (Stafsus Ketua MPR-RI), serta Aroem Hadiatie (Gerak BS), dan puluhan bikers, Minggu (9/2).

Tujuan lomba Cerdas Cermat ini, baik Rio, Bamsoet, maupun Nanan sama-sama menguatkan, bahwa untuk mengingatkan kembali, seberapa paham dan seberapa kuat Empat Pilar Kebangsaan menjadi bagian dalam kegiatan bikers sehari-hari.

“Bagaimana kita menerapkannya dalam kehidupan berbangsa, dalam bersaudara dan bersilaturahmi tanpa memandang perbedaan, ketika berkendara, di lingkungan kerja, dan lain-lain. Ini hanya awal, nanti akan kita lakukan lagi kegiatan lain terkait Empat Pilar ini,” ungkap Nanan.

Dalam acara lomba Cerdas Cermat nanti, pihak panitia menawarkan hadiah sangat menarik. Antara lain unit Motor Harley-Davidson seharga ratusan juta rupiah, skuter listrik Gesits, paket Umroh, dan banyak lagi hadiah lainnya.

Peserta Cerdas Cermat Bikers hanya boleh diikuti club atau komunitas bikers dengan masing-masing peserta menyiapkan 10 orang anggota yang ditunjuk.

Setiap club atau komunitas harus menyiapkan yel-yel bernuansa kebangsaan khas masing-masing. Informasi lanjutan tentang acara ini bisa diperoleh via instagram @motorbesarindonesia. (S-3)

LEAVE A REPLY