Loyalitas Pengguna Hadirkan New Honda Civic Hatchback

New Honda Civic Hatchback tampil mengusung emblem RS dengan wujud kian seksi dan sporty lewat sejumlah penyesuaian di bagian eksterior dan interior.

0
12

KILAS sejarah, Honda mulai memasarkan model Civic di Indonesia pada 1976 yang terdiri dari Honda Civic sedan, Hatchback dan Type R.

Khusus mengenai Honda Civic Hatchback di Indonesia, varian yang diluncurkan sebagai bagian dari keluarga model legendaris Honda Civic tersebut, baru resmi dipasarkan lagi pada 2017.

Hingga sekarang, Honda Civic Hatchback terus mendulang popularitas, dan memiliki loyalitas pengguna yang tergolong tinggi. Sejak diluncurkan pada 2017 sampai akhir 2019, tercatat 5.232 unit Honda Civic Hatchback telah terjual di Indonesia.

Sepanjang 2019, Honda Civic Hatchback bahkan sukses terjual 1.579 unit dengan pangsa pasar 5% di segmen hatchback. Diperkuat lagi model ini juga berada pada segmen yang sama dengan Honda Jazz, yang menjadi pemimpin pasar Honda dengan pangsa pasar mencapai 40%.

Berkaca dari banyaknya loyalitas pengguna Honda Civic Hatchback di tanah air, PT Honda Prospect Motor (HPM) menghadirkan model terbarunya di Jakarta, Kamis (6/2).

Seiring perkembangan selera pasar, New Honda Civic Hatchback tampil mengusung emblem RS dengan wujud kian seksi dan sporty lewat sejumlah penyesuaian di bagian eksterior dan interior.

“Honda adalah merek yang popular di segmen hatchback. Didukung model seperti Honda Jazz dengan varian RS-nya yang sangat digemari pelanggan,” ucap Business Innovation and  Sales & Marketing Director PT HPM Yusak Billy.

Kehadiran Civic Hatchback sendiri, lanjut Billy, menawarkan pilihan bagi konsumen ‘step up’, dari Honda Jazz ke mobil yang lebih sporti, gaya, dan punya kesan sebagai merek yang sangat ikonik.

“New Honda Civic Hatchback RS memadukan heritage dari keluarga Civic dipadu dengan karakter varian RS sebagai global sporty icon dari Honda. Menghasilkan model yang makin sporty dan stylish sesuai tema ‘Sexiness Intensified’ yang diusungnya,” tambahnya.

Interior Honda New Civic Hatchback RS sajikan fitur kekinian dan aroma sport nan kental. (Dok. HPM)
Interior Honda New Civic Hatchback RS sajikan fitur kekinian dan aroma sport nan kental. (Dok. HPM)

Fitur Kekinian
Sejumlah penyegaran bentuk pada New Honda Civic Hatchback RS, di antaranya eksteriornya yang berkonsep ‘Extremely Sporty Design With Innovative Silhouette’.

Untuk emblem RS tersemat di lini depan dan belakang. Selain itu, penambahan aero kit tersedia pada bumper depan, belakang dan Side Sill Garnish bagian samping.

Desain two-tone pada Alloy Wheel ukuran 17 inci semakin memperkuat kesan sporty. Sementara bagian belakang model ini menampilkan New Rear Bumper Diffuser dan New Center Exhaust Pipe with Finisher.

New Honda Civic Hatchback RS dilengkapi lampu utama Full LED Headlight dan LED Daytime Running Light (DRL) bagian depan. Penambahan lampu kabut LED dan Side Position Lamp ikut menambah kesan sporty lini samping, sekaligus menngkatkan keselamatan berkendara.

Rear Combi Lamp serta LED Light Bars didesain meruncing di bagian buritan, juga menambah kesan sporty Civic terbaru ini.

Melongok zona interiornya, nuansa sporty mengental. Lewat desain baru pada jok, roda kemudi, tuas transmisi, konsol tengah dan door lining, yakni berupa paduan kulit, serta aksen jahitan merah khas mobil sport.

Ditambah lagi sport pedal bernuansa krom pada tuas gas dan rem, memperkaya cita rasa sporty-nya. Sementara New Auto Dimming Rear View Mirror-nya tersedia untuk menghindari pantulan cahaya berlebih, mendukung visibilitas pengendara lebih baik.

Kabin New Honda Civic Hatchback RS juga dibekali sejumlah fitur kekinian untuk kenyamanan berkendara. Misalnya pada konsol tengah, terdapat sistem audio video canggih Capacitive Touch Screen 7 inci, koneksi smartphone Android dan iOS yang mampu mempersembahkan hiburan menyenangkan sepanjang perjalanan.

Pengaturan audio juga dapat dilakukan melalui Switch Control pada roda kemudi. Sedangkan fitur Hands-Free Telephone Switch-nya memungkinkan pengemudi menerima panggilan telepon, tanpa harus melepaskan tangan dari kemudi.

Smart Key berfungsi mengunci, membuka, hingga menyalakan mesin dan mengaktifkan AC secara otomatis. Sehingga, kabin telah sejuk saat pengguna memasuki kendaraan.

Begitupun teknologi Smart Entry, memudahkan dalam membuka kunci dengan cukup menyentuh gagang pintu.

One Push Ignition System sanggup menyalakan mesin hanya dengan satu sentuhan tombol. Sementara, fitur Cruise Control untuk melajukan kendaraan, tanpa perlu menginjak pedal akselerasi.

Kecepatan pun dapat dikendalikan, melalui pengaturan tombol di roda kemudi. Menambah kenyamanan dan keamanan, Honda Civic Hatchback juga dilengkapi fitur Rain Sensing Windshield Wiper serta Rear Parking Camera.

Dahaga nuansa sporty para pengguna setia Honda Civic Hatchback akan tertuntaskan ketika melirik bagian belakang model terbaru ini. (Dok. HPM)
Dahaga nuansa sporty para pengguna setia Honda Civic Hatchback akan tertuntaskan ketika melirik bagian belakang model terbaru ini. (Dok. HPM)

Mesin Turbo
Lingkup dapur pacu, New Honda Civic Hatchback RS masih bermesin 1.5L VTEC Turbo dengan Earth Dreams Technology sehingga menghasilkan tenaga maksimal 173 PS pada 5.500 rpm dan torsi maksimal 22,4 kg.m pada 5.500 rpm, yang diklaim oleh HPM terbesar di kelasnya.

Transmisi CVT dengan Earth Dreams Technology merupakan teknologi yang mampu menghasilkan keseimbangan, antara mesin responsif dari putaran rendah, dan bertenaga di putaran tinggi. Untuk akselerasi lebih halus, performa mesin optimal, serta efisiensi bahan bakar.

Fitur Paddle Shift New Civic Hatchback memberi sensasi balap. Mengatur perpindahan transmisi 7 kecepatan, hanya dengan ujung jari. Mengenai kelincahan dan stabilitas berkendara dalam berbagai kecepatan, dihasilkan lewat fitur Dual Pinion Electric Power Steering (EPS).

Sementara, efisiensi bahan bakar didukung pula oleh kinerja fitur ECON. Secara otomatis mengatur kerja mesin, dan fungsi lainnya, dalam mengoptimalkan efisiensi bahan bakar.

Fitur ECO AssistTM menunjukan kepada pengemudi cara menghemat bahan bakar saat berkendara. Dimana gaya pengendaraan akan diukur. Hasilnya ditampilkan secara real time pada indikator warna yang berubah menjadi hijau, sebagai indikasi konsumsi bahan bakar yang efisien.

Kapasitas mesin yang lebih ringan, dengan kinerja lebih efisien, membuat performa bertenaga, irit bahan bakar, serta tingkat emisi bersih yang lulus uji standar emisi EURO 2 oleh pemerintah Indonesia. Bahkan memenuhi standar EURO 4 Compliance.

Jajaran direksi PT Honda Prospect Motor (HPM) optimistis bersama Honda New Civic Hatcback 2020. (Dok. HPM)
Jajaran direksi PT Honda Prospect Motor (HPM) optimistis bersama Honda New Civic Hatcback 2020. (Dok. HPM)

Tingkat Keselamatan Dunia
New Honda Civic Hatchback RS telah melalui rangkaian uji tabrak di Honda Motor Real World Crash Test, di Tochigi, Jepang, karena mengaplikasikan teknologi rangka orisinal G-Force Control (G-CON) dan ACETM.

Sebagai perlindungan menyeluruh pada kabin penumpang, badan mobil ini dirancang berstruktur Pedestrian Protection di 5 (lima) bagian yang dapat meredam energi dan meminimalkan cedera pejalan kaki.

Dilengkapi 6 buah Airbag, Pretensioner Seatbelt dan Load Limiter, mobil ini bisa mengurangi risiko cedera pada pengemudi dan penumpang.

Sementara ISOFIX & Tether, pengait kursi bayi di bangku belakang kendaraan, berfungsi sebagai penunjang keselamatan.

Konsep mengutamakan keselamatan juga diperkokoh Electric Parking Brake yang memberi kemudahan melakukan parking brake cukup oleh satu sentuhan.

Auto Brake Hold penahan rem otomatis, ketika kendaraan berhenti sempurna, saat tanjakan atau turunan. Dengan begitu, menghindari mobil meluncur, tanpa harus injak rem terus-menerus.

Di samping itu, mobil ini juga telah dilengkapi Hill Start Assist, Vehicle Stability Assist, sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS) dan Electronic Brake-force Distribution (EBD), serta Brake Assist (BA). Tak ketinggalan Brake Override System, dan Emergency Stop Signal.

Tersedia dalam 5 pilihan warna; Brilliant Sporty Blue Metallic, Modern Steel Metallic, Rallye Red, Crystal Black Pearl, dan Platinum White Pearl, New Honda Civic Hatchback RS dipatok harga Rp499 juta On The Road Jakarta, berdasar estimasi BBN 2020 Jakarta dan kepemilikan mobil pertama. (S-3)

LEAVE A REPLY